Saturday, November 20, 2010

Indonesian Food & Karaoke Festival 2010 di Lagos, Nigeria

Jajan Sate Ayam di Lagos

Panas matahari Lagos yang terik menyengat tak menyurutkan semangat kami untuk datang ke Indonesian Food Bazaar 2010 (IFB). Acara yang digawangi oleh kolaborasi ICON, ILA dan didukung oleh ITPC bertempat di ITPC parking lot pada tanggal 20 November 2010 lalu berlangsung meriah. Walaupun IFB baru pertama kali diadakan namun ternyata langsung berhasil menyedot apresiasi pengunjung.


Sejak pukul 8 pagi, lapangan parkir yang biasanya dipenuhi mobil tamu ITPC tampak berbeda. Tenda- tenda dan meja- kursi yang dipasang rapi (thanks to Eko Supreme) serta spanduk besar menunjukan bahwa warga Indonesia di Lagos memiliki gawe special siang itu.  Satu per satu penyewa stand mulai datang dan menata penganan dan pernak pernik khas Indonesia di meja masing2. Dengan semangat 45 mereka menghias dan mempromosikan Indonesia melalui barang yang mereka tawarkan.

Tepat pukul 9.30 sang MC dengan cerianya mulai menyapa satu per satu pengunjung yang hadir. Pada kesempatan yang berhagia ini, senang sekali seluruh WNI yang ada di Lagos bisa kembali bertemu muka dengan Duta Besar RI untuk Nigeria, Bpk. Sudirman Haseng beserta Ibu yang sekaligus meresmikan pembukaan dengan pukulan gong yang membahana. Gong.. Gong.. Gong.. Selamat mencicipi penganan khas Indonesia!


(ki-ka) Bpk Sudirman Haseng (Dubes RI untuk Nigeria), Bpk Nolly ( Direktur ITPC Lagos ), Bpk Siswo ( Ketua ICON ), Ibu Indah & Rosa ( Indonesian Ladies Association )


Dari mata turun ke hati. Dari iklan yang menarik hati dengan gambar sate, rendang, bakso, klepon, dan es campur, tibalah pengunjung di bazaar kami. Tak kurang dari 4 jam, puluhan pengunjung dengan semangat mencicipi satu per satu sajian yang dijajakan. Dari ranah Sumatera ada  stand pempek plus kerupuk palembang serta nasi padang yang disukai siapa saja lengkap dengan sambal ijonya, aduh lamaknyooo..
Beranjak ke menu makanan yang lebih berat, ada aneka lauk seperti ayam goreng, ayam bakar, dendeng gepuk, ikan, dan sayur asem yang bernuansa Sundaan. Tak mau ketinggalan ada menu Manado yang ingin ikut meramaikan yaitu cakalang fufu yang pedas menggigit huaaahh..

Beranjak ke menu nasional,   ada bubur ayam yang hangat mengepul, cocok sekali untuk menjadi pembuka. Kalo yang kangen nasi kuning, bisa pula melepas rindu di sini. Dan yang paling diserbu tentu saja the famous chicken satay. Ada kisah romantis yg dibagikan lewat email oleh  pasangan berkewarganegaraan perancis yang khusus datang ke IFB karena ingin mengajak anaknya mencicipi chicken satay yg dulu dia nikmati kala bulan madu di tepi pantai Bali bersama sang suami.. Alangkah romantisnya.. Kenangan akan makanan Indonesia turut membawa kenangan manis akan negara kita tercinta.


Ibu-ibu motor penggerak Indonesian Food & Karaoke Festival 2010 di Lagos, Nigeria
Bakso pun menjadi idola di event ini ( favorit nya Obama nihh )


Selain makanan berat, aneka penganan kecil Indo juga ditawarkan seperti tempe mendoan, kering tempe manis, dadar gulung, pisang coklat, donat, dan macam lainnya. Sungguh banyak macamnya dan beraneka ragam rasanya.




Tak lupa untuk membasahi tenggorokan yang kering dan menetralkan panasnya tubuh siang itu, es campur yang dingin dan manis menjadi pereda dahaga. Bagi yang ingin minum es jeruk, mangga, nanas dapat langsung memesan Nutri-C.. Ahh segarrr..


Oiya, stand yang terakhir banyak dikunjungi tentu saja stand Eko Supreme yang menjual deterjen so klin dan sabun nuvo. Ibu2 tampak memborong dan senang bisa mendapatkan sabun Indonesia yang terpercaya bersihnya.

Setelah perut kenyang, saatnya berburu kerajinan khas Indonesia yang cantik dan unik, ada pernik2 kalung dan anting, kain taplak meja, hingga baju batik yang banyak diminati oleh pengunjung.  Dengan demikian lengkaplah sudah ”jalan2 ke Indonesia” siang ini.

Bagi yang mempunyai bakat menyanyi, sore itu acara dibungkus manis dengan lomba karoke yang diikuti oleh dua puluhan warga Indonesia. Selamat berbelanja ya kepada para pemenang yang mendapat voucher belanja :)


Penyanyi Pop Agnes 'Monica' bersanding dengan pedangdut Unsur 'Irama'


Terima kasih kepada seluruh panitia, pengisi stand, dan tentunya pengunjung yang sangat antusias. Kita pasti datang lagi di kesempatan mendatang dengan makanan lebihhh banyak lagi. Bravo!

Indonesia kaya akan kuliner
Warga Indonesia kaya akan kreatifitas
Pada dunia kita boleh pamer
Terutama akan keramahan hati masyarakatnya


( Cecilia )

2 comments:

  1. agree 100%

    Indonesia ku berjaya di negri orang..
    semoga akan menularkan kebaikan di negri sendiri..
    amiin

    ReplyDelete
  2. Boleh gabung dong... kita orang2 dioffshore nigeria butuh gabung dicommunity...thanks. bimbo

    ReplyDelete